5 Ide Ruang Ibadah dengan Berbagai Agama

Desain 2

Untuk anda yang membutuhkan desain ruang agama, khususnya anda seorang desainer namun bingung apa agama yang dimiliki oleh pemilik rumah atau klien anda. Sebenarnya jangan khawatir dan jangan tunda pekerjaan anda, ruang ibadah dan desainnya bisa dijadikan bentuk yang universal. Anda bisa mendesainnya setelah tahu ruang ibadah agama apa yang dibutuhkan.

Jika di artikel lain sudah membahas mengenai ruang ibadah khusus mushalla, berikut ini beberapa desain yang bisa anda contek untuk mengisi ruangan untuk ibadah baik anda yang muslim, kristen, katolik, bahkan agama lainnya. Apa saja ?

Desain 1

Desain 1

Desain pertama untuk anda yang ingin beribadah bersama keluarga tanpa harus memikirkan rumahnya sempit. Dimana desain pertama ini cocok untuk anda yang menginginkan ibadah dengan keluarga di sore hari. Menggunakan ruang keluarga sebagai tempat ibadah adalah hal yang unik dan juga menarik, karena ada kesan hangat dan kebersamaan yang kuat dalam ruangan tersebut.

Anda bisa menambahkan bangku-bangku dan melangsungkan ibadah bersama keluarga besar dan nenek. Jika sudah selesai, biasanya acara bisa dilengkapi dengan makan besar. Untuk kegiatan seperti ini banyak dilakukan oleh masyarakat Amerika.

Desain 2

Desain 2
homify.co.id

Desain selanjutnya khsusus untuk anda yang ingin membuat ruang ibadah untuk mushalla. Tidak memerlukan ruangan yang terlalu besar, anda tetap bisa solat bersama-sama keluarga secara berjamaah. Ruangan yang digunakan juga tidak terlalu besar, hanya 2 x 3 M anda sudah bisa men-set menjadi musholla yang nyaman untuk beribadah.

Desain 3

Desain 3
arsitag.com

Selanjutnya adalah ruangan untuk anda yang beragama Hindhu, Budha ataupun Konghucu. Dimana, anda bisa menggunakan ruangan kosong yang berlatar atau dipinggirnya terlihat taman atau teras-teras. Sehingga ketika anda ibadah bisa terasa dekat dengan alam dan juga merasa tenang. Anda bisa menambahkan meja-meja tempat diletakannya benda suci, setelah itu anda bisa menggunakan karpet tebal untuk anda ibadah ataupun kursi-kursi.

Desain 4

Desain 4

Mushalla yang berbentuk gazebo atau tempat yang seperti bale di luar juga banyak digunakan oleh anda para pemilik rumah yang memiliki teras belakang cukup besar. Dengan melakukan ibadah di luar, memang rasanya lebih khusyuk dan berbeda. Anda bahkan bisa merasakan hembusan angin ketika ibadah, sehingga tidak akan terasa gerah atau tidak nyaman. Anda bisa menambahkan stepstone dan juga keran tempat berwudu agar tidak kesusahan.

Desain 5

Desain 5
media.rooang.com

Desain kelima datang dari anda yang ingin menggunakan ruangan untuk ibadah, khususnya bagi anda umat katolik ataupun umat kristaini. Ruangan yang khusyuk dan identi dengan kayu biasanya digunakan dalam sebuah gereja. Disini anda bisa hadirkan hal yang sama, meskipun anda berada di rumah.

Dengan menambahkan bangku-bangku kayu tempat anda ibadah, dan tentu saja perlengkapan lainnya yang mendukung ibadah anda agar lancar dan juga khidmat. Selain itu anda bisa membangun ruang tersebut dengan menggunakan pintu tertutup layaknya sebuah kamar agar tidak berisik.

Tips Tempat Ibadah di Rumah

Untuk anda yang ingin beribadah dengan khusyuk di rumah, usahakan untuk membangun tempat ibadah terpisah dari ruangan yang sekiranya ramai atau mudah terlihat oleh orang lain. Misalnya jauh dari ruang tamu,atau minimal disekat menggunakan tembok ataupun rotan hiasan. Selain itu bangun rumah ibadah yang mudah dijangkau dan mudah dihampiri, jangan mempersulit anda beribadah dengan ruangan sisa atau dengan kondisi yang tidak nyaman.

Sumber: Hustopia.com