5 Kelebihan Dan Kekurangan Cisco Packet Tracer Secara Umum

kekurangan dan kelebihan cisco paket tracker

Cisco packet tracer merupakan aplikasi yang dibangun dengan kegunaannya untuk membangun suatu jaringan agar di dalam suatu jaringan tersebut, setiap komponen bisa saling terhubung satu sama lain. Dengan begitu setiap komponen bisa melakukan komunikasi dengan mudah.

Aplikasi cisco packet tracer ini bisa kita gunakan sebagai ajang praktek dasar dalam membangun suatu jaringan. Kita bisa belajar cisco packet tracer ini secara otodidak atau juga bisa belajar pada suatu media pembelajaran kursus cisco. Akan ada banyak hal yang bisa dipelajari dalam menggunakan aplikasi cisco packet tracer ini.

Nah dengan memahami kelebihan dan kekurangan cisco packet tracer maka diharapkan akan memaksimalkan kemampuan kita dalam praktek pembelajaran membangun suatu jaringan sederhana dalam aplikasi cisco packet tracer ini.

Manfaat Memahami Kelebihan Dan Kekurangan Cisco Packet Tracer

kekurangan dan kelebihan cisco paket tracker

Sebelum mengetahui kelebihan dan kekurangan dari aplikasi cisco packet tracer ini maka ada baiknya kita mengetahui terlebih dulu apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan setelah memahami aplikasi tersebut. Dengan memahami kelebihan dan kekurangan dari aplikasi ini maka kita akan semakin memahami jenis aplikasi yang seprti apakah cisco packet tracer ini.

Tidak hanya itu, kita juga akan semakin tahu bagaimana menggunakan aplikasi ini dengan maksimal setelah tahu apa saja kekurangan yang terkandung dalam aplikasi ini. Kita juga akan semakin mudah mudah menjadikan aplikasi ini sebagai pilihan media pembelajaran pembangunan jaringan. Hal tersebut kerena kita telah memahami betul kelebihan yang ada pada cisco packet tracer ini.

5 Kelebihan Dan kekurangan Cisco Packet Tracer Yang Perlu Kamu Tahu

kekurangan dan kelebihan cisco paket tracker

Beberapa kelebihan dan kekurangan cisco packet tracer ini akan dapat membuat anda semakin memahami konsep dari aplikasi cisco packet tracer. Dengan begitu akan semakin memaksimalkan anda dalam menggunakan aplikasi ini. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangannya yang perlukamu tahu. Diantaranya :

  1. Dengan menggunakan aplikasi cisco packet tracer ini maka proses belajar jaringan akan lebih menyenangkan karena adanya banyak komponen dalam bentuk gambar yang tentu saja tersedia secara menarik dalam aplikasi ini. Namun tak jarang setiap media yang disediakan dalam aplikasi ini bisa membuat bingung pengguna.
  2. Dengan menggunakan aplikasi ini secara otomatis dapat lebih menghemat biaya dalam proses belajar jaringan. Namun tak jarang setiap masalah yang ada di dalamnya tidak dapat ditangkap oleh daya nalar pengguna. Sehingga pembelajaran akan sedikit tidak efektif.
  3. Kreativitas dari pengguna bisa berkembang dengan menggunakan aplikasi cisco packet tracer ini. Namun sangat disayangkan karena keterbatasan komponen secara fisik dalam aplikasi ini.
  4. Gagasan dari pengguna bisa terlatih menjadi lebih sistematis karena dengan menggunakan aplikasi cisco packet tracer ini sebagai media pembelajaran. Namun dengan menggunakan aplikasi ini juga akan sedikit sulit dalam melatih setiap alur dari kemampuan pengguna saat belajar melalui media ini.
  5. Perancangan topologi akan semakin mudah dilakukan serta penentuan tempat untuk perangkat dari jaringan dapat dilakukan dengan baik. Namun dengan menggunakan aplikasi cisco packet tracer ini setiap pengguna diharuskan berkonsentrasi secara penuh. Sedangkan hal tersebut kebanyakan sulit untuk dilakukan oleh pengguna.