Sejarah Motor yang Harus Anda Tahu

Dengan penemuan mesin uap dan sepeda, para ilmuwan abad ke-19 dengan cepat menyadari bahwa menggabungkan kedua teknologi ini secara substansial dapat meningkatkan transportasi di jalan umum.

Awal Mula Motor

Sumber Gambar: nabiya.com.au

Gelombang pertama sepeda bermotor mulai muncul hanya beberapa tahun setelah pemutaran perdana sepeda pedal sepeda Pierre Michaux yang terkenal dan berlangsung hingga pertengahan tahun 1880-an.

Putra Pierre Michaux, Ernest, membuat sepeda motor pertama di pabriknya di Paris dengan menggabungkan mesin uap kecil ke salah satu desain sepeda “pembuat tulang” awal mereka.

Produk itu memulai produksi banyak model lain, dengan beberapa penemu lain melakukan hal yang sama menggunakan berbagai jenis mesin uap (Sylvester H. Roper menggunakan tungku pembakaran batu bara pada tahun 1868, Louis-Guillaume Perreaux menggunakan ruang pembakar alkohol pada tahun 1871, Lucius Copeland menyambungkan mesin uap ke sepeda roda tinggi “farthing-sen” Inggris pada tahun 1881).

Revolusi sejati dalam teknologi sepeda motor terjadi pada tahun 1885, ketika dua penemu Jerman Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach berhasil memproduksi sepeda motor pertama dengan mesin pembakaran internal bensin.

Mesin yang disebut “Daimler Reitwagen” (riding wagon) saat ini dikenal sebagai contoh pertama sepeda motor modern yang kita kenal dan gunakan saat ini.

Sejak kemunculannya, banyak penemu dan insinyur lain mulai membuat versi sendiri dari sepeda yang dilengkapi mesin.

Sepeda Motor Pertama

Sumber Gambar: dhgate.com

Sepuluh tahun setelah pemutaran perdana “daimler reitwagen”, pabrikan Jerman Hildebrand & Wolfmüller “memulai pabrik produksi sepeda motor pertama.

Bisnis awal mereka tidak berhasil bertahan lama tetapi fitur keselamatan baru dan peningkatan permintaan populer menghasilkan ekspansi sepeda motor yang besar selama tahun-tahun pertama abad ke-20.

Beberapa perusahaan manufaktur besar mulai membuat desain sepeda motor mereka sendiri, terutama Inggris Royal Enfield, Triumph, American Harley-Davidson, Indian Motorcycle Manufacturing Company dan DKW (yang memegang rekor sebagai pabrik produksi sepeda motor terbesar sebelum Perang Dunia II).

Setelah Perang Dunia Kedua, biaya yang lebih rendah, peningkatan perbaikan teknik dan jaringan jalan yang lebih baik memastikan keberhasilan sepeda motor yang tersebar luas di seluruh dunia.

Sepeda motor menjadi salah satu sumber transportasi utama di Asia (terutama di kota-kota besar) dan gerakan “motorbike club” Amerika (dikombinasikan dengan penggambaran mereka dalam film 50-an dan 60-an) menyulut imajinasi seluruh populasi dunia.

Selama 1960-an, dominasi pabrikan Amerika dan Inggris mulai memudar dengan munculnya beberapa merek Jepang – Suzuki, Kawasaki dan Yamaha.

Mereka memfokuskan produksinya pada desain sepeda motor yang lebih kecil, lebih murah, dan lebih efisien, yang membantu mereka mengamankan sebagian besar pasar dunia.

Gambar Velocycle Paten Oleh Butler

Sepeda Motor Saat Ini

Sumber Gambar: weheartit.com

Salah satu model sepeda motor paling populer sepanjang masa adalah “Honda Super Cub”, yang terjual lebih dari 60 juta unit.

Dominasi mereka bertahan hingga 1990-an ketika beberapa pabrikan Amerika dan Eropa berhasil merebut kembali sebagian besar pasar dunia (merek-merek barat paling populer saat ini termasuk nama-nama seperti BMW, Ducati, Victory dan Harley-Davidson).

Saat ini, sepeda motor merupakan salah satu bentuk transportasi bermotor yang paling terjangkau di jalan umum.

Setiap hari lebih dari 200 juta sepeda motor digunakan di seluruh dunia (bersama dengan lebih dari 590 juta mobil).

Negara-negara terkemuka dengan penggunaan sepeda motor terbesar adalah India (37 juta sepeda motor / moped) dan China (34 juta sepeda motor / moped).

Begitulah sejarah singkat sepeda motor yang harus kamu tahu.