Buah dan Sayur untuk Menurunkan Kolesterol

Mengkonsumsi buah adalah salah satu cara menurunkan kolesterol. Meskipun efeknya cenderung lambat jika dibandingkan menggunakan obat, akan tetapi cara ini lebih aman karena tidak mempunyai efek samping.

1. Pisang

Teratur mengkonsumsi pisang adalah salah satu cara menurunkan kolesterol. Pisang merupakan buah dengan kandungan serat dan kalium yang cukup tinggi. Kedua kandungan tersebut dapat membantu menyehatkan jantung, menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol jahat.

2. Semangka

Buah semangka mempunyai kandungan likopen yang berfungsi untuk mengontrol kandungan kolesterol jahat yang terdapat di dalam darah.

3. Tomat

Selain semangka, tomat juga merupakan buah penurun kolesterol yang mempunyai kandungan likopen. Selain itu, tomat juga mempunyai manfaat untuk menenangkan lambung yang dapat membantu meringankan penyakit maag kronis.

4. Buah Zaitun

Formula buah zaitun yang baik untuk dijadikan penurun kolesterol adalah dengan buah zaitun yang dicampur 2 sendok makan minyak zaitun. Cara mengkonsumsinya biasanya dicampurkan dengan salad dan dikonsumsi pada pagi hari.

5. Alpukat

Buah alpukat sangat mudah ditemukan di Indonesia. Buah yang sering dijadikan jus ini sangat menyehatkan karena memiliki kandungan lemak jenuh tunggal yang cukup banyak. Kandungan lain yang terdapat pada buah avokad adalah beta sitosterol yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Sayuran Penurun Kolesterol

Selain mengkonsumsi buah, sayuran juga merupakan salah satu cara menurunkan kolesterol jahat. Sayuran yang dikonsumsi adalah yang mengandung antioksidan, vitamin dan juga serat yang tinggi. Berikut ini beberapa contoh sayuran yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat.

1. Bawang putih

Bawang putih dapat membantu anda untuk menurunkan kadar kolesterol jahat karena mempunyai fungsi mencegah partikel kolesterol menempel pada bagian dinding pembuluh darah.

2. Biji Rami dan Chia

Biji Rami Indonesia mengandung serat larut yang bermanfaat untuk mengikat kolesterol dan lemak supaya tidak diserap tubuh. Selain itu dua jenis sayuran ini juga mempunyai kandungan asam omega-3 yang cukup tinggi.

3. Kacang Kedelai

Kacang kedelai merupakan bahan utama untuk membuat tahu dan tempe. Oleh karena itu tahu tempe dan makanan yang dibuat menggunakan kacang kedelai terkenal memiliki manfaat yang baik sebagai penurun kolesterol.

Bahkan protein dari kedelai bisa membantu mengurangi kadar LDL sebanyak 8% hanya dengan mengkonsumsi 10 gram tahu saja setiap harinya.

4. Bayam

Dokter ahli jantung berhasil mengungkap fakta bahwa salah satu cara melenyapkan kolesterol jahat adalah mengkonsumsi makanan yang mengandung Lutein. Lutein sendiri merupakan pigmen kuning yang terdapat pada sayuran hijau.

Bayam adalah salah satu sayuran yang kaya akan kandungan Lutein. Tingginya kandungan Lutein ada bayam sangat bermanfaat untuk menghilangkan kolesterol yang tersumbat pada dinding pembuluh darah.

5. Biji-bijian

Ada banyak jenis biji-bijian yang dapat dijadikan proxy untuk membantu meringankan kadar kolesterol anda. Contohnya adalah kacang hitam kacang polong kacang merah dan jenis kacang-kacangan lainnya. Kandungan serat larut di dalam biji-bijian juga dapat membantu menurunkan berat badan.

Cara untuk memaksimalkan biji-bijian supaya lebih efektif menurunkan kolesterol adalah menjadikannya sebagai campuran sup. Formula ini dapat membantu mengurangi kadar LDL sebanyak 8% hanya dengan mengkonsumsi 90 gram biji-bijian saja.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *