Tanda Kolesterol Tinggi dan Penyebabnya

Sebelum kolesterol menyebabkan penyakit jantung atau stroke, biasanya ada beberapa gejala yang akan dirasakan seseorang yang kadar kolesterolnya tinggi. Kenali tandanya dan segera cek kadar kolesterol anda jika merasakan beberapa gejala berikut ini.

1. Nyeri dada

Ciri pertama orang yang kadar kolesterolnya tinggi adalah sering terasa nyeri di sekitar dada. Jika kamu sering mengalaminya, ada baiknya untuk segera melakukan pengecekan kadar kolesterol.

2. Sulit Bernafas

Pada umumnya gejala sulit bernafas sering dikaitkan dengan penyakit asma. Ternyata, hal ini juga merupakan salah satu anda seseorang yang memiliki kadar kolesterol tinggi.

3. Otot Kaki Lemah

Tanda seseorang memiliki kadar kolesterol yang tinggi selanjutnya adalah otot kaki yang lemah. Hal ini pada umumnya disebabkan pasokan darah ke otot kaki kurang maksimal. Lemahnya otot kaki tersebut seringkali dialami oleh orang yang kurang berolahraga.

4. Sakit Area Kaki dan Tangan

Jika anda sering mengalami rasa sakit pada bagian kaki dan tangan, segeralah periksa kadar kolesterol pada tubuh anda. Rasa sakit pada ke-2 area ini merupakan salah satu gejala yang dirasakan seseorang yang kolesterolnya bermasalah.

5. Tubuh Mudah Lemah

Kurangnya pasokan oksigen dan minimnya aliran darah yang mengalir dapat menyebabkan tubuh seseorang mudah lemah. Tubuh yang mudah lemah ini juga menjadi salah satu tanda penderita kolesterol tinggi.

6. Kesemutan

Kesemutan pada umumnya akan terjadi jika seseorang duduk terlalu lama dengan posisi yang tidak berubah. Sering mengalami kesemutan adalah salah satu kolesterol yang tinggi.

Penyebab Kolesterol Tinggi

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan kolesterol tinggi. Berikut ini adalah beberapa contoh gaya hidup tidak sehat yang dapat memicu tingginya kadar kolesterol jahat di dalam darah.

1. Kurang Berolahraga

Kurang berolahraga menyebabkan energi di dalam tubuh menumpuk dan tidak tersalurkan secara maksimal. Hal menyebabkan penumpukan kalori sehingga dapat menyebabkan terjadinya kolesterol tinggi.

2. ‎Mengkonsumsi Minuman Beralkohol

Orang yang mengkonsumsi minuman beralkohol berlebihan sangat rentan terkena berbagai penyakit. Contohnya adalah darah tinggi, penyakit jantung, dan kolesterol tinggi.

Selain itu, konsumsi alkohol berlebih dapat menyebabkan pengerasan hati atau sirosis yang akan sangat berbahaya jika efeknya terasa saat sedang berkendara. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan karena efek samping alkohol dapat datang kapan saja.

3. Makanan yang Mengandung Lemak Jenuh Tinggi

Contohnya adalah udang jeroan daging kambing, telur puyuh, cumi, kerang, santan, kulit ayam dan gorengan. Mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh sebaiknya dibatasi. Bagi orang yang sudah menderita kolesterol tinggi justru sangat dianjurkan untuk meninggalkan makanan tersebut.

4. Merokok

Tingginya kadar kolesterol juga bisa disebabkan karena aktivitas merokok. Di dalam rokok terdapat zat kimia yang bernama akrolein. Zat kimia tersebut bisa menghentikan kinerja kolesterol baik untuk mengangkut lemak dari tubuh menuju hati untuk proses pembuangan. Hal ini mengakibatkan Arteri menjadi sempit atau biasa disebut arterosklerosis.

5. ‎Usia dan Faktor Genetik

Usia dan faktor genetik juga dapat menjadi salah satu faktor tingginya kolesterol seseorang. Bertambahnya usia seseorang penyempitan arteri yang semakin meningkat. Hal inilah yang memicu Tingginya tingkat kolesterol.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *